Powered By Blogger

Selasa, 27 November 2012

Ke Green Canyon

Green Canyon

Perjalanan menuju Green Canyon diawali dari Sebuah patung.Patung Pancoran namanya,letaknya di Jakarta Selatan.Kami tinggal di daerah Jakarta Selatan,kami sekeluarga ingin sekali melihat pemandangan alam Indonesia salah satunya adalah Green Canyon.Kalo di Amerika punya Grand Canyon,Indonesia juga ada Green Canyon.Sebenarnya tempat ini mempunyai nama asli yaitu Cukang Taneuh.Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Negara Perancis pada tahun 1993.Sedangkan Cukang Taneuh mempunyai arti sendiri yaitu Jembatan Tanah.Hal itu dikarenakan diatas lembah dan jurang Green Canyon  terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani disekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Perjalanan dimulai dengan tujuan Pangandaran,kami berangkat pukul 05.00 Wib.Kami sekeluarga memutuskan untuk ke Pangandaran terlebih dahulu,karena perjalan kami dari Jakarta ke Pangandaran sekitar 8 jam,maka kami harus bermalam dulu sebelum menuju Green Canyon.Banyak cara perjalanan menuju Pangandaran dengan bis umum bisa dari Kalideres,dari Kampung Rambutan dari Depok pun bisa.Ada yang Execitive ada pula yang ekonomi.

Saat ini saya menggunakan kendaraan pribadi,dengan kecepatan 80-100 km/jam masuk dari Tol Cikampek arah Bandung.Bablas terus....santai sesekali berhenti untuk istirahat.Tepat jam 13.30 Wib Kami sudah sampai di Pangandaran.

Pangandaran sebuah pantai yang sangat besar dengan ombak yang besar pula.Merupakan sebuah semenanjung,pangandaran barat dan timur.Dengan banyak pilihan penginapan.Diujung kedua pantai tersebut terdapat sebuah tannjung yang menjadi cagar alam pangandaran.
Penginapan disana cukup banyak,dengan beraneka ragam harga dan model yang di tawarkan,mulai dari Rp.175.000,- per malam dan ada pula yang Rp.500.000,- per malam.Untuk yang dengan harga Rp.250.000,- per malam sudah dilengkapi kamar mandi,TV,AC dan berada didepan pantai Pangandaran.
Dipangandaran kita bermain sepeda,ATV,Sepeda motor,Mobil.Kita bisa menngunjungi cagar alam disana.Dengan membayar Rp.7000,-per orang kita akan menyusuri cagar alam dimana didalamnya juga terdapat,Monyet ekor panjang,Rusa,Landak dan masih banyak lagi.Dari cagar alam kita berjalan kurang lebih sekitar 1 km,kita akan sampai di sebuah tepian pantai atau pasir putih.Dimana ombaknya lebih tenang dan pasirnya putih.
Untuk yang tidak ingin masuk ke cagar alam,maka bisa menumpang perahu menyebrangi laut menuju pasir putih.Dengan biaya Rp.75.000.-untuk rombongan sekitar 5-6 orang.Maka kita akan diantar sampai ke pasir putih.Sambil menikmati terumbu karang disekitar pantai.Dipasir putih kita bisa ber-snorkling alatnya bisa disewa seharga Rp.25.000,-.

kalo mau yang berjalan-jalan ataupun bersantai santai dipinggir pantai ada juga penyewaan tikarnya.Sambil mengawasi anak -anak asik bermain snorkling dan bermain pasir laut,kita bisa menunggu saatnya Sunset.Disekitar Taman Margasatwa masih ada lagi obyek wisata seperti :Gua Panggung,Gua Lanang,Batu Kalde atau Sapi Gumarang,Cirengganis.
Bermalam di Pangandaran perisapan esok pagi menuju Green Canyon.Banyak obyek wisata disekitar situ diantaranya : Citumang pangandaran ,yaitu obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus,dengan sungai citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan.Tepian sungai terdiri dari ornamen batu-batuan padas denganrelung dalam dihiasi relief alam.
Sebaiknya memang sekitar 2- 3 hari disana kita bisa juga ke obyek wisata Batu Hiu ini merupakan perpaduan obyek wisata Pangandaran dengan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat pantainya yang landai.Terletak di Desa Batukaras,Kecamatan Cijulang dengan jarak sekitar 34 km dari Pangandaran.
Dari Pangandaran sekitar 31 km menuju ke Green Canyon,Cukang Taneuh.Harga tiket untuk satu perahu berkapasitas 5 orang penumpang Rp.77.500,-.Loket dibuka dari pagi hari Jam:07.00 - 16.00 Wib kecuali hari Jum'at mulai jam :13.00 - 16.00 Wib .
   Obyek wisata ini sebenarnya aliran sungai Cijulang,Ciamis Jawa Barat.Dari kota Ciamis sendiri berjarak  sekitar 130 km.Untuk dapat mencapai obyek wisata yang lebih indah lagi, kita harus berangkat melalui Dermaga Ciseureuh kemudian melanjutkannya dengan perahu yang akan mengantarkan kita menikmati indahnya pemandangan alam di sekitarnya,dengan warna airnya yang hijau tosca mungkin juga disebut Green Canyon.
Begitu kita sampai di dan melihat sebuah jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai dimulut Green Canyon,dimana airnya jernih berwarna kebiru-biruan.Disinilah Awal petualangan dimulai menjelajahi obyek wisata ini dimulai.

Dari sini kita akan mulai dengan melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap ditepi batu.
Disediakan pelampung oleh pemilik kapal,kita berenang dan merayap melawan arus air yang tidak begitu deras,rasanya dingin sejuk dengan kedalam yang tidak saya ketahui.Anak saya Talitha berumur 6 tahun,sangat menikmati dan bergerak aman mengikuti kami sekeluarga.Kita berada di bawah jurang dengan stalaktit yang masih dialiri air tanah.Kepala kita akan terasa di tetesi air,bukan air hujan namun air dari tetesanstalaktit tersebut.

Puas menikmati dan merasakan keindahan Alam Semesta,Mensyukuri kami dapat menikmatinya betapa Allah begitu Maha Besar,,,,,,ini hanya sebagian karya NYA.Kami senang dan bangga Indonesia punya Green Canyon.Sekeluarga ingin rasanya kembali lagi kesana.
Sebelum anda memutuskan ke Green Canyon ,sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan uang tunai yang cukup.Pasalnya disana tidak ada bank atauATM,tempat penginapan dan fasilitas akomodasi yang lengkap bisa didapatkan di Pangandaran.
Tempat wisata keluarga yang menyenangkan dan tidak terlalu mahal,cintailah keluargamu.....................